Pages

Selasa, 30 Maret 2010

Diagnosa Kerusakan Komputer dengan Flowchart

http://ebsoft.web.id/wp-content/uploads/2009/09/flowchart-icon.jpg
Memperbaiki kerusakan atau error pada sebuah komputer atau laptop tidak hanya menjadi pekerjaan seorang ahli komputer. Karena terkadang permasalahan yang ada hanya sederhana, sehingga kita sendiri bisa menyelesaikannya. Ini bisa kita lakukan dengan melakukan diagnosa (memeriksa) dan mencari dimana letak kerusakannya.
Salah satu cara (menarik) menemukan error/kerusakan komputer adalah dengan diagram alur (flowchart).
Nah, kali ini saya akan sedikit mereview sebuah website yang memberikan berbagai tutorial gratis termasuk ebook (PDF) yang bisa kita download yang menjelaskan berbagai diagram alur (flowchart) untuk mendeteksi permasalahan komputer yang ada, kemudian memberikan penjelasan dan bagaimana solusinya.

http://ebsoft.web.id/wp-content/uploads/2009/09/ccbover.gif
Computer Repair with Diagnostic Flowcharts memberikan tutorial cukup lengkap tentang cara mendeteksi kerusakan(error) pada komputer dan memberikan ringkasannya dalam sebuah Flowchart. Flowchart apa saya yang disediakan disana ? Berikut penjelasannya :
Power Supply Failure, Mendeteksi dan memberikan solusi tentang permasalahan dengan power supply
Video card Diagnostic, memberikan flowchart tentang permasalahan yang berhubungan dengan tampilan, seperti misalnya Monitor tidak menyala, tidak ada sinyal, pemasangan video yang tidak pas dan lainnya.
CPU, RAM dan Motherboard Troubleshooting. Ini mungkin yang sering terjadi di komputer kita, seperti misalnya layar mati, RAM (memori) bermasalah, baterai CMOS mati sampai kerusakan motherboard.
Hard Drive failure, diagnosa kerusakan atau error pada hardisk.
CD and DVD Failure, untuk mendeteksi error pada CD atau DVD.
Modem Failure
Sound Card Diagnostics. Jika komputer kita tidak mengeluarkan suara, coba di baca tentang artikel ini.
Network Troubleshooting, memberikan tutorial berbagai permasalahan dengan Jaringan.
Ke delapan artikel tersebut semuanya diberikan flowchart dan di berikan penjelasan masing-masing bagian dengan detail. Agar memudahkan, maka kita bisa download gratis semua artikel tersebut dalam sebuah ebook PDF : Computer Repair with Diagnostic Flowcharts (582 KB). Masing-masing artikel tersebut juga dijelaskan online yang bisa dilihat di alamat http://www.fonerbooks.com/pcrepair.htm
Selain itu juga bisa download gratis poster yang menjelaskan tentang permasalahan ketika komputer gagal booting Boot Failure Troubleshooting Poster ( 30″ x 30″ printable PDF).
Meskipun tutorial dijelaskan secara detail, tetapi mungkin memang lebih tepat jika ditujukan untuk orang yang akan berkecimpung di dunia reparasi Komputer/PC atau minimal sudah mempunyai dasar pengetahuan tentang perangkat komputer. Selain itu, penyajian yang diberikan dengan bahasa Inggris. (ebsoft.web.id)
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Diagnosa Kerusakan Komputer dengan Flowchart"

Posting Komentar

sponsor



http://bengawan.org/
Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources


Get cash from your website. Sign up as affiliate.

Lijit Search Wijit


free statistics
free counter

Visitors

free counters

Live traffic Map

Stumble This Fav This With Technorati Add To Del.icio.us Digg This Add To Reddit Add To Facebook Add To Yahoo